Pengertian Surety Bond: Jaminan Pengaman dalam Transaksi Bisnis

Surety bond adalah instrumen penting dalam dunia bisnis, khususnya dalam proyek-proyek besar. Instrumen ini berfungsi sebagai jaminan bagi pihak penerima kerja (principal) bahwa pihak kontraktor (obligee) akan memenuhi kewajibannya sesuai kontrak.

Prinsip Kerja Surety Bond

Surety bond bekerja dengan cara:

  1. Kontrak: Principal dan obligee menandatangani kontrak yang berisi kesepakatan mengenai proyek yang akan dikerjakan.
  2. Pengajuan Surety Bond: Obligee mengajukan surety bond kepada perusahaan penjamin (surety).
  3. Penilaian Risiko: Surety melakukan penilaian risiko proyek dan obligee.
  4. Penerbitan Surety Bond: Jika surety menyetujui permohonan, surety bond akan diterbitkan.
  5. Pembayaran Jaminan: Jika obligee gagal memenuhi kewajibannya, surety akan membayar ganti rugi kepada principal sesuai dengan nilai jaminan yang tercantum dalam surety bond.

Jenis-Jenis Surety Bond

Terdapat berbagai jenis surety bond yang umum digunakan, antara lain:

  • Jaminan Penawaran (Bid Bond): Diajukan oleh kontraktor kepada pemilik proyek sebagai bukti keseriusan dalam mengikuti tender.
  • Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond): Diajukan oleh kontraktor kepada pemilik proyek setelah memenangkan tender.
  • Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond): Diajukan oleh kontraktor kepada pemilik proyek sebagai jaminan atas uang muka yang diterima.
  • Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond): Diajukan oleh kontraktor kepada pemilik proyek sebagai jaminan atas kualitas pekerjaan selama masa pemeliharaan.
  • Jaminan Pajak (Tax Bond): Diajukan oleh wajib pajak kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai jaminan atas kewajiban pajak.

Manfaat Surety Bond

Surety bond memberikan beberapa manfaat bagi principal, antara lain:

  • Meminimalisir risiko kerugian: Surety bond memberikan jaminan kepada principal bahwa mereka akan mendapatkan ganti rugi jika obligee gagal memenuhi kewajibannya.
  • Meningkatkan kepercayaan investor: Surety bond dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap proyek yang dijalankan oleh principal.
  • Mempermudah proses tender: Surety bond dapat mempermudah proses tender bagi obligee karena menunjukkan keseriusan mereka dalam mengikuti tender.

Surety bond merupakan instrumen penting dalam dunia bisnis yang dapat memberikan perlindungan bagi principal dan obligee. Memahami pengertian, prinsip kerja, jenis-jenis, dan manfaat surety bond dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.

Sebagai Jasa Agen Surety Bond Tanpa Agunan | Bank Garansi juga melayani penerbitan Asuransi Umum dan jaminan pembayaran akhir tahun (SP2D). Tentunya kami memberikan layanan secara Total Service, tanpa collateral, biaya kompetitif, proses cepat, serta bisa di chek langsung keabsahan nya. Tentu saja kepuasan pelanggan adalah kebanggaan bagi kami, Real Partner. Pengertian Surety Bond Asuransi

Info lebih lanjut silahkan menghubungi kami:
PT. Shorai Sarana Suretyndo
Jl. Rawa Kuning Raya 2 No. 108 Pulo Gebang
Cakung Jakarta Timur 13950
Contact Person:
Hery Gumay
Email  : hery.shorai@gmail.com; info@shoraisarana.com
Handphone/WhatsApp : 0813-8885-7500 
Layanan Online 24/7

Baca juga : Jenis-jenis Surety Bond